Apa itu PHP ?
pawprint

Apa itu PHP ?

U ntuk anda yang berkecimpung di dunia IT terutama untuk bagian web programming pasti sudah sangat mengenal sekali dengan yang namanya PHP. kalau anak2 alay sekarang taunya  PHP adalah "Pemberi Harapan Palsu" hihihi. balik lagi ke topik, PHP adalah sebuah bahasa pembograman script server-side, yang artinya pemograman ini bisa digunakan untuk pengembangan web ataupun sebagai bahasa pemograman umum. PHP dikembangkan oleh rasmus lerdorf pada tahun 1995. dan pada saat ini PHP sudah dipegang oleh The PHP Group.

Untuk bisa menggunakan bahasa pemograman PHP ini dibutuhkan sebuah komputer server, karena PHP hanya bisa diproses pada komputer server. Berbeda dengan bahasa pemograman yang lain  seperti javascript. Javascript adalah bahasa pemrograman client side yang mana pemrograman tersebut bisa diproses pada browser.

Kita menengok kebelakang mengenai sejarah terbentuknya bahasa pemrograman PHP. Rasmus Lerdorf memberikan nama PHP yang artinya adalah Personal Home Page. PHP digunakan untuk membuat website pribadi. Setelah beberapa tahun kemudian PHP menjadi berkembang dan menjelma menjadi sebuah bahasa pemrograman website yang handal. Tidak hanya digunakan untuk membuat website sederhana, PHP juga digunakan oleh website yang sangat populer seperti wikipedia, CMS opensource seperti joomla, wordpress, drupal, magento dan lain-lain menggunakan bahasa pemrograman itu (PHP).

Dan sekarang PHP menjadi sebuah singkatan dari PHP: Hypertext Preprocessor, sebuah kata yang memiliki kepanjangan rekursif yaitu adanya permainan kata dimana kepanjangannya terdiri dari singkatan itu sendiri. PHP dapat di gunakan dengan gratis karena PHP sifatnya Open Source. PHP dirilis dalam lisensi PHP License, ada sedikit perbedaan dengan lisensi GNU yaitu General Public License (GPL) yang biasa digunakan untuk pembuatan Open Source.




PHP sudah menjadi standarisasi bagi para programer web di seluruh dunia. survey yang dilakukan wikipedia pada bulan februari tahun lalu (2014), sekitar 82% dari seluruh web server didunia menggunakan PHP. dan dikutip juga dari situs W3techs.com mengenai market share penggunakan bahasa pemrograman server-side untuk website diseluruh dunia.(diakses pada 18 desember 2014).