Manfaat microsite untuk usaha anda
postano.com

Manfaat microsite untuk usaha anda

M icrosite atau disebut juga dengan landing page adalah sebuah website yang menampilkan informasi atau iklan dengan tampilan satu halaman. Dengan satu halaman tersebut sebuah microsite biasanya  menampung halaman tentang perusahaan, produk / jasa, dan halaman kontak.

Microsite sangat efektif  dalam memberikan penawaran dengan cara mudah, karena pengunjung hanya membaca satu halaman saja sudah bisa mengetahui latar belakang perusahaan, jenis produk/jasa yang ditawarkan dan halaman kontak beserta alamat perusahaan. Microsite bisa membantu website induk(website inti) dalam hal marketing produk / jasa. Ini bisa membantu promosi melalui mesin pencari /search engine agar dapat meningkatkan efektifitas dalam pemasaran. Microsite (atau diartikan dengan mini website) lebih ditekankan pada aspek pemasaran sebuah website walaupun secara teknis tidaklah berbeda dengan website pada umumnya. Microsite lebih berfokus pada fungsi konten di dalamnya sebagai alat promosi, branding, penjualan, layanan, atau kampanye.

Microsite lebih spesifik menampilkan sebuah produk/pesan tertentu. Microsite bisa dipakai untuk menggali informasi tertentu dari konsumen, menawarkan contoh produk yang sifatnya terbatas/musiman, menampilkan advertorial produk, atau membangun brand awareness melalui suatu program kampanye tertentu dari brand/produk.

Manfaat memiliki sebuah Microsite adalah sebagai berikut :

1. Dapat memberikan keuntungan dan kemudahan untuk SEO (Search Engine Optimization) informasi. Setiap microsite sebenarnya memiliki website sendiri, oleh karena itu memiliki satu URL sendiri. Dengan alamat yang memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri, sehingga dapat dengan mudah dingat, orang dapat menemukan produk dan layanan yang lebih cepat dan lebih mudah. Ini jelas merupakan keuntungan dalam optimasi mesin pencari. Microsite Anda juga dapat menampilkan berbagai macam nama/kata kunci domain, yang kaya akan beragam informasi penting, sangat diperlukan oleh Google, Yahoo, dan mesin pencari informasi lainnya. Website biasa lainnya tidak dapat memiliki lebih dari satu hingga dua kata kunci dalam nama domain mereka. Aspek ini meningkatkan peringkat microsite Anda, sehingga juga membantu dalam SEO.

2. Terfokus pada satu bagian tertentu. Dibandingkan dengan website yang memiliki ruang lingkup lebih besar, mikro memberikan presentasi yang lebih terfokus dan lebih jelas tentang merek tertentu produk. Karena menyoroti dan fitur hanya produk atau jasa tertentu, microsite Anda memberikan pelanggan potensial pengalaman belanja yang lebih jelas dan lebih cepat. Tidak ada gangguan dari produk pesaing lainnya sehingga diharapkan dapat meraup pembeli yang lebih tinggi dan lebih cepat.

3. Branding yang sangat efektif. Jika Anda ingin memulai sebuah produk atau jasa baru, Anda pasti akan mengambil langkah baru yaitu keluar dari merek induknya. Hal ini untuk memastikan bahwa produk atau jasa Anda akan mampu berdiri sendiri terutama jika merek induknya tidak begitu dikenal di masyarakat luas. Hal ini juga penting jika Anda meluncurkan produk baru untuk target pasar baru. Microsites dapat membantu dalam aspek ini. Ini adalah alat branding yang efektif atau strategi untuk memberikan produk baru atau layanan situs sendiri, bahkan jika itu hanya satu atau dua halaman. Sebuah merek besar seperti Unilever menggunakan microsites untuk beberapa produk anak induk, jika tidak, semua merek yang lebih kecil seperti produk – produk Axe misalnya, yang memiliki situs mini tersendiri yang secara visual menarik bagi target pasarnya.

4. Efisien kampanye melalui email. Email dengan akses cepat menjadi sarana komunikasi dunia terkemuka dewasa ini. Hampir semua orang di mana-mana memiliki alamat email, satu atau dua. Microsites mengambil keuntungan dari fakta ini untuk menghubungkan dengan mayoritas pengguna online. Sebuah microsite yang baik diharapkan dapat mendorong ratusan, bahkan ribuan pengguna online dan pelanggan potensial untuk melihat dan mencari produk unggulan atau jasa Anda.

5. Informasi lebih detil. Hal ini pasti dapat membantu produk dan jasa mereka untuk memiliki rincian lebih signifikan dan relevan diposting di halaman sendiri. Memiliki microsite untuk menempatkan semua rincian penting yang membantu pemirsa untuk dengan mudah memperjelas dan memahami proposal Anda.

6. Peningkatan kepentingan umum. Kegunaan lebih atau nilai plus dari sebuah microsite adalah situs bisnis atau pengumuman secara online, memiliki peningkatan kepentingan umum berarti Anda secara efektif memenuhi tujuan dari microsite itu sendiri. Memang ada sedikit dampat negative, semacam keraguan bahwa microsites adalah media bagi pihak – pihak tertentu yang tidak berkepentingan tetapi ikut campur atau ajang mencuri ide. Seperti beberapa homepage kecil, microsites memberi Anda lebih banyak kesempatan untuk menarik penggemar dan penonton gelap.

7. Pengembangan dan penempatan lebih cepat kepada sasaran yang hendak dituju.
Microsite adalah sangat berguna jika Anda menerapkannya untuk promosi musiman atau pengumuman yang memiliki umur pendek. Membuat website besar untuk sesuatu yang memiliki tanggal kadaluwarsa adalah tindakan kurang praktis karena membuang-buang waktu dan uang. Microsites lebih mudah untuk maju dan cepat ke sasaran. Sebuah contoh kecil yaitu situs promo online. Ini menarik, langsung ke titik, namun promosi masih diperlukan untuk sampai tanggal tertentu saja. Tidak perlu website besar untuk tujuan itu.

8. Sebagai alat eksperimental sempurna. Mengirimkan berbagai pesan kampanye melalui berbagai macam microsite dapat membantu Anda menguji kondisi pasar sasaran tujuan Anda. Hal ini dapat lebih baik mengukur efektivitas pesan dan membantu Anda memilih yang lebih baik dan lebih menarik bagi target pasar Anda. Karena microsites dapat berdiri sendiri, strategi ini tidak akan membingungkan pasar Anda dari tujuan Anda semula.

9. Homepage luas. Karena microsites, situs Anda aman dari kemacetan dan online lancar. Banyak pengguna online dapat mengunjungi dan melihat website Anda, tetapi apakah Anda benar-benar terhubung dengan mereka? Menawarkan terlalu banyak pilihan dan rincian mendetail pada situs web tunggal dapat mematikan pengguna online dan menyebabkan mereka meninggalkan situs web Anda.

10. Biaya sangat efisien. Bertentangan dengan apa yang kebanyakan orang pikir, membangun dan memelihara microsites mungkin lebih terjangkau daripada benar -benar membuat website yang lebih besar. Selain dari terbatasnya jumlah halaman, isinya juga lebih bervariasi. Dibutuhkan waktu yang lebih singkat untuk membuat satu dan mudah untuk mengelola mengingat bahwa itu biasanya dijalankan oleh satu program seperti Flash Player atau hanya beberapa video dan animasi, kadang-kadang gambar adalah semua yang Anda butuhkan.

Keuntungan yang diperoleh dengan memiliki sebuah microsite adalah sebagai ajang murni marketing produk – produk tertentu, selain itu juga bisa menawarkan sisi lain dari tujuan microsite tersebut yaitu membantu masyarakat untuk lebih meningkatkan hobi membaca dan menulis, ajang kreatifitas remaja berkarya dalam hal pengembangan dan pembangunan kepribadian, dan masih banyak lagi hal – hal lain yang dapat membangun mental positif bagi masyarakat pengguna microsite tersebut.

Salah satu website untuk pembuatan microsite gratis ada di webiklanplus.com



Sumber : ceritamu.com