Riset keywords pada Google Keyword Planner
thietkeweb.congay

Riset keywords pada Google Keyword Planner

P ernahkah anda melakukan Riset keywords untuk website anda?, dan apa yang anda gunakan untuk melakukan riset keywords?. mungkin beberapa pemilik website belum memanfaatkan fasilitas yang sudah diberikan google yaitu Google Keyword Planner. tools gratisan  dari google ini dapat menemukan kata kunci yang berpotensial untuk website kita

Keywords sangat penting untuk menghasilkan trafik untuk website kita, karena dengan keywords yang tepat sesuai dengan tema website kita bukan tidak mungkin kita akan kebanjiran trafik yang berpotensial. Mencari keywords yang sesuai dengan niche website kita memang gampang-gampang susah. Kita haru mencari keywords yang belum banyak digunakan oleh website lain dan yang paling penting keywords harus seusai dengan tema website kita.

Bagaimana cara menggunakan Google Keyword Planner ?

Daftar melalui Google Adwords. Apa itu Google Adwords ?, Google adwords adalah fasilitas yang diberikan kepada para advertiser untuk melakukan riset pasar. dan google adwords ini sifatnya "Free". Anda bisa memasang iklan di google melalui layanan ini. dan untuk pasang iklan itu tidak gratis, ada biaya yang harus dikeluarkan sesuai dengan keinginan pada advertiser yang ingin meng iklankan websitenya. Anda bisa memanfaatkan fasilitas Google Keyword Planner karena fasilitas ini tidak dipungut biaya.

Setelah anda sudah terdaftar di Google Adwords, Silahkan klik menu "Tools" sehingga akan muncul dropdown menu dan diantara sub menu tersebut pilih menu "Google Keyword Planner". Setelah itu kita akan dihadapkan dengan halaman mengenai pilihan untuk melakukan riset keywords. lalu klik pilihan "Search for new keyword and ad group ideas". Lalu masukan keywords yang anda inginkan dan sesuai dengan tema website anda. jangan lupa untuk mengedit bagian "Targeting". jika target market anda di indonesia masukan Indonesia pada bagian "Location" dan masukkan juga Indonesian pada bagian "Language". lalu klik tombol "Get Ideas". Kita akan mendapatkan tampilan mengenai hasil dimana kita bisa melihat tren keyword yang kita cari. Lalu klik "keyword ideas", karena kita ingin mencari keyword yang terkait dengan keyword yang kita cari sebelumnya. Beberapa data penting mengenai tren keywords selama 12 bulan terakhir, tingkat kompetisi pengiklan dan perkiraan nilai CPC untuk setiap keywords. Anda juga bisa mendownload semua ide kata kunci yang dihasilkan ke dalam file berformat excel CSV.

Hasil yang ditampilkan oleh Google Keyword Planner ini adalah volume pencarian kata kunci yang digunakan dari semua perangkat seperti komputer, laptop, dan mobile, dalam kurun waktu 12 bulan terakhir. Jika kita ingin menampilkan volume pencarian keywords dari masing-masing perangkat (laptop, komputer, mobile) maka tinggal mengubah pilihan “Search volume trends” menjadi “Breakdown by device” atau pilihan lainnya.

Catatan :
Hasil keywords yang akan ditampilkan oleh Google Keyword Planner adalah statistik kata kunci yang persis digunakan oleh pengunjung google. Namun terkadang kita melihat bahwa kata kunci yang kita pilih tidak begitu banyak dicari oleh pengguna google. Tetatpi jangan khawatir, kita bisa memodifikasi keyword itu dengan menggunakan keyword yang bisa kita dapatkan dari daftar kata kunci yang ada di Google Keyword Planner.

Selamat Mencoba,

sumber inspirasi : maxmanroe.com