Belajar desain logo dengan Corel Draw

Belajar desain logo dengan Corel Draw

12 Feb 2021

Menurut sumber dari wikipedia Logo adalah sebuah gambar atau sketsa yang memiliki arti tertentu. sebuah logo juga harus memiliki sebuah filosofi berupa konsep yang memiliki tujuan untuk bisa berdiri sendiri. logo juga bisa memiliki unsur yang harus dapat dipenuhi untuk bisa menjadikan sebuah logo dengan memiliki arti yang kuat.

Ada beberapa tools yang bisa di lakukan untuk belajar desain logo dan salah satunya adalah dengan software  Corel Draw. Sebelum kita masuk ke tahap awal, ada baiknya kita pikirkan dahulu logo apa yang akan kita buat, anda bisa mencari inspirasi dari google ataupun website crowdsource desain logo seperti 99designs, logomyway dan lain-lain.

Baca Juga : Aturan yang harus di pahami dalam Desain Logo


Oke, saatnya kita belajar desain logo menggunakan software corel draw. setelah kita sudah mendapatkan ide dari sebuah logo dan kita aplikasikan ke dalam corel draw.

Kali ini saya mau membuat logo untuk website dhiezain.com.

1. Langkah Pertama yaitu menyiapkan beberapa tools untuk membuat logo tersebut. disini saya menggunakan tool rectangle  dan shapes   untuk membuat backround logo. saya membuat kotak dengan menggunakan tool rectangle.

2. Selanjutnya  setelah layer kotak terbentuk, saya membuat radius pada sudut kotak tersebut menjadi tumpul. dan cara yang saya lakukan adalah dengan menggunakan tool shapes. tarik sesuai keperluan untuk ketumpulan masing2 sudut di layer kotak tersebut.

3. Gambar untuk background sudah jadi, sekarang saya ingin menggambarkan logo utama. Tools yang saya gunakan adalah menggunakan tool ellipse dan polygon. Pertama saya buat ellipse terlebih dahulu setelah itu saya buat segitiga menggunakan tool polygon. Setelah itu kedua layer tersebut saya jadikan satu group sehingga menjadi sebuah sketsa logo.


4. Langkah selanjutnya saya mengambil bagian-bagian yang saya ambil dari dual layer group(segitiga&lingkaran). menggunakan fungsi Smart Fill. fungsi ini sangat membantu untuk saya bisa mengambil bagian2 yang ada didalam layer group tersebut.

5. Setelah itu saya tarik ke bawah layer yg sudah saya pilih tersebut kebawah. setelah itu saya buat group dengan cara klik ctrl+G(windows) command+G(MacOs).

6. Lalu Langkah terakhir adalah menggabungkan logo inti dengan background yang sudah saya buat sebelumnya.

7. Logo sudah terlihat bentuknya, dan tugas selanjutnya adalah tinggal memberikan warna pada logo dan menambakah text pada logo untuk terlihat lebih keren. karena background yang saya gunakan warna hitam, saya pilih warna putih untuk logo intinya sehingga terlihat lebih eyecatching. dan saya tambahkan tulisan "dhiezain.com" dibawah logo inti. dan hasil akhirnya adalah seperti dibawah ini.



Demikian cara membuat logo dengan corel draw. semoga bisa membantu kalian yang ingin menambah ilmu desain grafis terutama dalam hal belajar desain logo. Kalian bisa mengasah skill sekaligus mencari tambahan "uang jajan" dari internet dengan mengikuti lomba desain logo. ada beberapa website yang terpercaya dan terbukti membayar jasa desain kita seperti 99designs,logomyway,fiverr. Dengan kita mengikuti lomba tersebut, skill kita akan semakin terasah dan inspirasi kita dalam membuat logo akan semakin kaya.

Baca juga : 5 cara mendapatkan ide untuk desain logo

Share Yuk!!